Rabu, 12 Februari 2020

mudhorot membawa petaka


Pada suatu hari obrolan singkat bersama bapak ojol

Waktu itu sekitar jam 10 pagi, saya sedang di bekasi, dan berniat akan pergi ke rumah salah satu teman yang ada di Bekasi. Lalu saya memesan ojek online, tidak lama kemudian notifikasi aplikasi ojol muncul, memberitahukan bahwa sudah mendapatkan driver. Tidak berapa lama kemudian driver pun tiba, saya perkirakan usianya masih 30-an.

Lama waktu perjalan ini sekitar 30 menit, sekitar 5 menit perjalanan hanya ada keheningan diantara saya dengan bapak ojol. Saya mulai membuka obrolan dengan menanyakan tentang tingginya banjir disekitar bekasi beberapa waktu yang lalu. Lalu bapak itu menjelaskan beberapa tempat yang lumayan parah terkena imbas banjir.

Saya       : bapak udah berapa lama kerja jadi ojol?
Bp. ojol : dari tahun 2018 mba
Saya       : sehari bisa dapat berapa penumpang?
Bp. Ojol : gak nentu mba. Hari ini aja saya aktifkan aplikasi dari jam 6 pagi sampai jam 10 an ini baru dapat 1, mba ini. Temen saya pernah tu satu harian gak dapat penumpang.
Saya       : wah gitu ya, iya juga si ya karena sekarang ojol makin banyak
Bp. Ojol : iya mba, makanya banyak ni ojol-ojol yang keliling, karena kalau Cuma mangkal aja gak akan dapat penumpang
Saya       : kalau gitu, penghasilannya gak balik modal dong pak, bensin juga kan udah berapa
Bp. Ojol : iya mba gak balik modal, bensinnya juga udah berapa.
Saya       : ojol juga makin banyak, persaingan makin ketat, kebutuhan makin banyak
Bp. Ojol : iya mba, lapangan kerja juga makin sedikit, mau ngelamar keperusahaan, perusahaan               banyak maunya. Dulu saya kerja di kontruksi mba
Saya       : wah itu kan lumayan pak penghasilannya
Bp. Ojol : wah bukan lumayan lagi mba, cukup banget itu mba
Saya       : terus kenapa keluar dari sana pak?
Bp. Ojol : disana memang masalah finansial sangat mencukupi lebih malah. Tapi banyak mudhorot nya mba. Saya ditegur sama Allah, dengan istri saya pergi ninggalin saya, trus akhirnya anak saya sakit, keluar masuk rumah sakit, sebulan bisa sampai beberapa kali. Sampai semua yang saya punya habis, termasuk rumah saya jual untuk biaya rumah sakit anak. Saya lalu sadar, mungkin ini teguran dari Allah. Akhirnya saya keluar dari kontruksi, lalu jadi ojol. Cari penghasilan yang halal. Ya Alhamdulillah sekarang anak saya sudah membaik, masih ke rumah sakit cuma untuk cek up aja, gak kaya dulu. Walaupun penghasilan cukup untuk makan aja, yang penting halal.
Saya       : iya si pak
Bp. Ojol : karena apa yang kita makan itu mempengaruhi kehidupan kita mba. Hasil dari kemudhorotan bisa menghancurkan kita walaupun itu penghasilan itu besar. Lebih baik cari yang halal aja walaupun kecil

Saya manggut-manggut tanda setuju. Lalu kami lanjutkan obrolan ngalur ngidul. Sangking serunya obrolan, sampai gak sadar kalau jalannya kelewatan.

Keseruan dari naik ojol itu adalah saat saling bercerita tentang pengalaman yang pernah di alami, kita bisa mendengarkan beberapa pengalaman yang dialami si driver ojol. Karena pengalaman itu adalah guru yang paling berharga, pengalaman kita bukan hanya bisa menjadi guru bagi diri kita sendiri tapi juga bagi orang lain.


Bekasi, Januari 2020


Pk_Raihanah

Share this:

Posting Komentar

 
Copyright © 2014 PECANDU KATA.